Forum Komunikasi Guru Produktif Pertanian Perikanan Pacitan

Terdapat empat faktor penting dalam pengaturan keseimbangan, empat faktor tersebut adalah, oksigen, air, unsur toksik, dan unsur hara.

Oksigen sangat dibutuhkan, karena merupkan faktor yang akan memproses pembakaran fisiologis atau respirasi.  Kekurangan oksigen di daerah perakaran sangat berbahaya, terutama pada saat tanaman tersebut sedang berbuunga dan berbuah hal ini akan mengakibatkan penurunan hasil yang mencolok, biarpun tanaman tersebut pada awalnya tumbuh dengan sehat.  Kekurangan oksigen pada tanaman akan terlihat pada daun bagian bawah yang menguning dan layu.  Pada dasarnya kekurangan oksigen, sama dengan kekurangan tenaga atau energi, karena tenaga atau energi ini dibutuhkan untuk menyedot air dan unsur hara.

Air dan Unsur hara penting sekali sebagai bahan untuk dijadikan sebagai bahan berenergi lebih tinggi melalui proses fotosintesis.  Energi fotosintesis itu akan dibebaskan kembali dalam respirasi dan berguna untuk mengambil air dan unsur hara selanjutnya.

Unsur toksik jelas tidak sehat untuk tanaman, karena akan memperhambat perkembangan akar, sehingga pengambilan air dan unsur hara ikut terganggu pula.

Dalam melakukan budidaya cabai, diharapkan penentuan lokasi harus selektif terhadap tanah tersebut, agar budidaya yang kita lakukan tidak mendapatkan kendala yang serius, sehingga budidaya tersebut akan berjalan mulus sesuai yang kita rencanakan.

মন্তব্য প্ৰদান কৰক

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

টেগ ক্লাউড

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: